Bakal Cabup Berebut Partai Golkar


25/09/2009

Sejumlah bakal cabup di Bulukumba berebut Partai Golkar untuk dijadikan kendaraan politik pada pilkada 2010.Karena itu,pendaftaran di DPD II Partai Golkar Bulukumba,dimulai hari ini hingga 10 Oktober,diprediksi berlangsung ketat.

Sejumlah bakal calon yang menguat memenangkan perhelatan politik lima tahunan tersebut, dikabarkan akan mendaftarkan diri untuk berebut diusung oleh partai peraih suara terbanyak di Bulukumba ini, saat pemilu legislatif lalu. Juru Bicara Tim Pilkada Golkar Bulukumba Risman Pasigai menyatakan, hingga kemarin,beberapa bakal calon sudah menyampaikan kesiapannya secara lisan mendaftarkan diri. Diantaranya, Bupati Pohuwatu, Gorontalo, Zainuddin, Ketua DPD II Golkar, Muttamar Mattotorang,Ketua PSI, Kahar Muslim,dan Isradi Zainal.

Selain itu, Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali, dan Wakil Bupati Padasi juga dikabarkan akan mendaftar dalam waktu dekat. Apalagi, penentuan siapa usungan Partai Golkar, tidak lagi melalui konvensi, melainkan hasil survei salah satu lembaga profesional yang dikontrak partai berlambang pohon beringin ini. ”Perlu kami sampaikan,bahwa pendaftaran Partai Golkar, terbuka bagi siapa saja yang berminat. Dan kami tidak memungut biaya pendaftaran, begitupun survei, karena semua ditanggung partai,” tandas Risman yang juga Wakil Ketua Umum DPP KNPI versi Ahmad Doli Kurnia,kemarin.

Risman menambahkan,partainya sengaja membebaskan pungutan kepada bakal calon, demi menghindari opini yang berkembang, kalau partai politik berorentasi materi. Sehingga pihaknya berharap, agar hasil yang diputuskan nantinya, sangat objektif dan bebas dari intervensi kepentingan pihak tertentu. ”Di samping itu, ini semua dilakukan agar mekanisme partai bisa berjalan secara normal, karena target Partai Golkar adalah menang, sehingga kami tidak mau gegabah dan gagal dalam pilkada nanti,”tandas Risman.

Terkait peluang kandidat yang mengincar Golkar,Risman mengaku, semua mempunyai peluang, asalkan mempunyai popularitas dan elektabilitas tinggi.Sebab, penentuan siapa yang diusung, tidak terlepas dari perolehan survei. Sementara itu, DPD II Golkar Kepulauan Selayar,menjadwalkan akan membuka pendaftaran bakal calon bupati,mulai 28 September hingga 15 Oktober mendatang. Setelah itu, dijaring dan disurvei seperti DPD II lainnya. ”Kami juga sudah membentuk tim penjaringan cabup dan cawabup, dan dikordinir Natsir Abdullah, mereka akan segera menjalankan dan menyiapkan teknis pendaftaran,”tambah Ketua DPD II Golkar Selayar, Ince Langke secara terpisah.

Selai dua daerah ini, delapan DPD II yang daerahnya menggelar pilkada, juga akan membuka pendaftaran selama 10 hari. Hanya saja, kepastian tanggalnya, masih menunggu rapat kordinasi lebih lanjut. (sindo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar