PEMILIHAN PLT KETUA GOLKAR BULUKUMBA RICUH


Saturday, 27 March 2010
BULUKUMBA(SI) – Rapat Pleno Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) II Partai Golkar Bulukumba yang digelar di Sekretariat DPD II Partai Golkar, berakhir ricuh.

Akibatnya, rapat yang dilak-sanakan pada Jumat (26/3) tersebut gagal mendapatkan figur menggantikan Andi Muttamar Mattottorang sebagai Plt Ketua DPD II Partai Golkar Bulukumba. Pengurus DPD II Partai Golkar Bulukumba yang ikut dalam pleno tersebut pecah menjadi dua kubu, yakni kubu Nirwan Arifuddin dan kubu Asikin.

Keduanya merupakan Wakil Ketua DPD II Partai Golkar yang dicalonkan dalam rapat pleno ini. Kericuhan ini bermula ketika kubu Nirwan menginginkan dalam memilih plt ketua tidak dilakukan voting,tapi sebaliknya kubu Asikin menginginkan voting.Tak ada kata sepakat, Koordinator Wilayah (Korwil) Golkar Sulsel Muh Risman Pasigai yang hadir dalam rapat pleno tersebut menawarkan pengurus melakukan lobi (pembicaraan secara tertutup) yang diikuti para pengurus inti partai.

Usulan tersebut diterima peserta rapat. Lobi kemudian dilakukan para pengurus, yakni Wakil Ketua Nirwan, Asikin, Sekretaris DPD II Partai Golkar Bulukumba Hamzah Pangki, Mardianto, didampingi Muh Risman Pasigai. Namun, dalam pertemuan tertutup itu batal digelar. Tiba-tiba Muh Risman Pasigai mendapat telepon dari Ketua DPD II Partai Golkar Bulukumba Andi Muttamar Mattottorang yang sedang dipenjara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Taccorong.

Telepon itu membuat Nirwan dan beberapa mengurus lainnya tersinggung dan membatalkan pertemuan itu.“Kami tidak terima ada intervensi Andi Muttamar,” tandas Nirwan yang juga dibenarkan Hamzah Pangki. Alhasil keduanya tidak lagi mengikuti sidang pleno. Nirwan juga mengatakan, batalnya pleno tersebut diserahkan sepenuhnya ke pengurus DPD I Partai Golkar Sulsel untuk menentukan siapa yang akan menjadi Plt Ketua DPD II Partai Golkar Bulukumba.

Rupanya Asikin memanfaatkan kesempatan itu dan langsung menemui para peserta dan meminta peserta voting. Saat itu Asikin mengetuk palu bahwa dia terpilih secara aklamasi melalui voting terbuka di hadapan peserta. Muh Risman Pasigai, mengatakan akan melaporkan semua yang terjadi dalam pleno tersebut kepada Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo. “Saya sebagai korwil menyerahkan sepenuhnya ke pengurus provinsi. Minggu depan akan ditentukan,”ujarnya. (baharuddin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar